Sebagai Upaya Pelayanan, KPU Siantar Membuka Helpdesk ke Bacalon Wali Kota Jelang Pilkada 2024

SIANTAR - DIAN24NEW

Jelang Pilkada Walikota Siantar  yang akan memasuki tahapan. Khususnya untuk Bakal Calon (Bacalon) Walikota/Wakil Walikota Siantar dari jalur perseorangan,  KPU Kota Siantar menyatakan siap memberi pemahaman tentang berbagai persyaratan yang harus dipenuhi.

“Pada dasarnya, kita di KPU sudah menerima surat dari KPU terkait berbagai ketentuan untuk jalur perseorangan yang ingin menjadi calon Walikota/Wakil Walikota,” kata  Ketua  KPU Kota Siantar, M Isman Hutabarat, Kamis (18/4/2024).

Didampingi  Komisioner KPU dari Divisi Tekhnis Penyelenggaraan, Chucha Ashari SH, Ketua KPU mengatakan, dalam waktu dekat KPU Siantar menggelar  rapat pleno. Termasuk dalam rangka membuka helpdesk sebagai upaya pelayanan atau konsultasi  kepada seluruh Bacalon. Baik jalur perseorangan atau independent maupun jalur partai politik. 

Tim atau LO dari jalur perseorangan silahkan datang ke kantor KPU Siantar dan kita siap memberi konnsultasi. Terutama Bacalon dari jalur perseorangan sesuai Keputusan KPU Nomor 239 Tahun 2024,” kata M Isman.

Sementara, Chucha Ashari SH mengatakan, pertengahan Agustus 2024, Bacalon dari jalur perseorangan sudah dapat menyampaikan persyaratan dukungan. Besaran dukungan  berupa e-KTP yang harus diserahkan sebanyak 10 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tersebar miminal di lima kecamatan dari delapan kecamatan se Kota Siantar 

Kalau mengacu kepada Pemilu 2024 lalu, jumlah DPT sebanyak 202.206 pemilih. Maka 10 persen dari DPT tersebut sebanyak  20.221 E-KTP. “Jumlah DPT mungkin bisa bertambah karena kita akan kembali melakukan pendataan untuk jumlah pemilih itu,” katanya.

Setelah Bacalon menyerahkan dukungan yang langsung dibawa Bacalon Walikota dan Wakil Walikota,  akan dilakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

Pantauan di lapangan, dari sejumlah Bacalon Walikota/Wakil Walikota yang disebut-sebut akan maju pada Pilkada Kota Siantar, sudah ada yang mempersiapkan dukungan e KTP untuk mendaftar melalui jalur perseorangan.

Bahkan,  ada tim yang sudah mendatangi masyarakat dalam rangka  mengumpul e KTP. Hal itu diakui salah satu Tim Bacalon yang mengaku bahwa “jagoannya” akan maju melalui jalur perseorangan.

“Ya, kita sudah membentuk tim dan mulai bekerja mengumpulkan KTP yang dilengkapi dengan pernyataan dukungan,” kata salah seorang Tim Pemenangan yang minta namanya tidak disebutkan karena belum saat dipublikasi. (snc/th)


Comment As:

Comment (0)