Sekda Esron Sinaga Pimpin Bulusukan ke Tanah Jawa Ajak Masyarakat Marharoan Bolon Peduli Lingkungan 

SIMALUNGUN - DIA 24NEW.com 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun, dipimpin langsung oleh Sekda Esron Sinaga semakin sering blusukan berbaur dengan warga yang sedang melaksanakan Marharoan Bolon (Gotong Royong), membersihkan lingkungan. 

Giat Marharoan Bolon ini merupakan program Pemkab Simalungun, yakni gerakan Marharoan Bolon membangun Simalungun di Tahun 2024.

Kali ini, kegiatan Marharoan Bolon (Gotong Royong) itu dipusatkan di Nagori Marubun Jaya, Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun. Giat Marharoan Bolon ini sesuai dengan instruksi Bupati  yang dilaksanakan secara maraton di setiap kecamatan.

Adapun tujuan dari pelaksanaan Marharoan Bolon ini adalah untuk menjaga kebersihan lingkungan, sekaligus menumbuhkan rasa tanggung serta menumbuhkan rasa kebersamaan.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai upaya dalam penyelenggaraan pembangunan sarana dan prasarana, baik dari infrastruktur, pelayanan dan kegiatan sosial lainnya, sehingga dapat mencapai daya guna dan hasil guna. 

Pelaksanaan Marharoan Bolon di Nagori Marubun Jaya ini dipimpin langsung oleh Sekda Esron Sinaga didampingi sejumlah pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemkab Simalungun dan Forkopimca di Kecamatan Tanah Jawa.

Tampak juga hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Sinaga, para ASN Camat Tanah Jawa Maryaman Samosir bersama Forkopimca dan para Pangulu bersama perangkatnya se-Kecamatan Tanah Jawa, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan ratusan masyarakat lainya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Esron Sinaga menyampaikan sambutan Bupati Simalungun Radiapoh hasiholan Sinaga.

Sekda menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan Marharoan Bolon di Kecamatan Tanah Jawa yang dihadiri ratusan masyarakat, 

"Antusias masyarakat mengikuti kegiatan Marharoan Bolon merupakan satu bukti adanya ikatan kebersamaan yang terus terjalin, sehingga kegiatan ini nantinya bisa menguatkan kita memacu pembangunan di Kabupaten Simalungun,"sebut Sekda.

Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, Sekda berharap, penyelenggaraan pembangunan sarana infrastruktur jalan dan jembatan, serta pelayanan terhadap masyarakat dapat mencapai daya guna dan hasil guna. 

"Kami juga berharap keterlibatan semua pihak baik pemerintah daerah, pemerintah desa dan kelurahan maupun elemen masyarakat untuk dapat bersama-sama mendukung dan membudayakan gerakan marharoan bolon,"ajak Sekda.

Selanjutnya, kepada seluruh pangulu/lurah, Sekda meminta supaya segera membentuk panitia Marharoan Bolon di setiap wilayah masing-masing, dan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang filosofi gerakan marharoan bolon. Tandasnya.

Kegiatan Marharoan Bolon tersebut, dirangkai dengan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Pasar murah dari dinas perdagangan, juga kegiatan lainnya antara lain, pelaksanaan senam lansia, pemberian tali asih yang dilaksanakan Dinas Sosial, dan pemberian honor bagi guru ngaji di Nagori, penyerahan alat pertanian, pupuk dan benih dari dinas pertanian, penyerahan alat-alat usaha untuk UMKM, dan juga sembako dari dinas sosial.

Sementara itu, Camat Tanah Jawa Maryaman Samosir melaporkan, Pencapaian Marharoan Bolon dalam kurun waktu dua bulan terakhir, sudah terlaksana dengan baik di wilayah Kecamatan Tanah Jawa, 

Menurut Maryaman, Pelaksanaan Marharoan Bolon di Kecamatan Kecamatan Tanah Jawa bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk perusahaan BUMN, Swasta dan pengusaha lainnya yang ada di Kecamatan Tanah Jawa.

"Kami juga mengajak seluruh Pangulu melaksanakan kegiatan Marharoan Bolon dilaksanakan secara kontinyu, untuk melakukan perbaikan jalan desa, gorong-gorong dan membersihkan sampah, dan kebersihan lingkungan, bersama seluruh masyarakat desa setempat,"ujar Maryaman

Kegiatan Marharoan Bolon di kecamatan Tanah Jawa diakhiri dengan penyerahan bantuan secara simbolis dari beberapa dinas yang hadir. (th)


Comment As:

Comment (0)