Raih Juara I Pemuda Polopor Tingkat Nasional Bidang Inovasi dan Teknologi 2023, Intan Josefin Purba Diharap Jadi Inspirasi Pemuda-i Siantar

SIANTAR - DIAN24NEW

Pemuda Pelopor Kota Pematang Siantar, Intan Josefin Purba berhasil meraih prestasi sebagai Pemuda Polopor Tingkat Nasional Bidang Inovasi dan Teknologi Tahun 2023.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Pematang Siantar Muhammad Hamam Sholeh AP, melalui Kabid Pemuda dan Olahraga Yusuf Gultom, Kamis (19/10/2023) menyampaikan prestasi yang diraih Intan setelah melalui proses panjang.

Awalnya, Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar melalui Dinas Pariwisata melakukan penjaringan dan wawancara, kemudian melakukan pendampingan untuk mengikuti seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Selanjutnya, setelah terpilih di tingkat Provinsi Sumut, Intan terpilih sebagai nominasi Pemuda Pelopor Tingkat Nasional. Kemudian, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, melaksanakan finding fact melalui pemaparan dan survey lapangan. Intan pun dinyatakan lolos seleksi tingkat nasional.

"Terkait hal itu, pada 17 Oktober lalu, setelah melalui tahapan penjurian, Intan dinyatakan lolos masuk Grand Final, dan akhirnya ditetapkan sebagai Juara I Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Bidang Inovasi dan Teknologi," papar Yusuf, seraya menambahkan, acara Grand Final Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkal Nasional diselenggarakan di Hotel Ciputra, Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Pematang Siantar Muhammad Hamam Sholeh AP berharap prestasi yang diraih Intan ini bisa menjadi inspirasi bagi pemuda-pemudi lainnya di kota Pematang Siantar untuk terus berkarya.

"Dan apa yang kini dikerjakan oleh Pemuda Pelopor, akan kita jajaki untuk bisa dikembangkan lebih lagi baik lagi, baik dari sisi produksi maupun penyebarluasan teknologi di masyarakat, khusus nya kalangan pemuda," tukas Hamam Sholeh.

Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional merupakan salah satu program unggulan Kemenpora yang mengedepankan kemandirian pemuda. Untuk mewujudkan pemuda yang berkapasitas, berkarakter, dan berdaya saing. 

Proses seleksi mulai dari penerimaan berkas  berlangsung sejak Juni 2023 silam sebanyak 108 dari 26 provinsi. Selanjutnya dilakukan seleksi administrasi, hingga ditentukan calon Pemuda Pelopor Tingkat Nasional sebanyak 60 orang terpilih dari 26 provinsi, yang terbagi dalam lima bidang.

Kegiatan penjurian Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional di Hotel Ciputra lantas memunculkan dari tiga pemuda terbaik pada masing-masing bidang, dengan jumlah 15 peserta masuk ke babak Grand Final dan penentuan juara.

Juara pertama Pemuda Pelopor 2023 yaitu Amir Khaeruddin dari Lampung untuk bidang Pendidikan; Sandi Agustinus dari Kalimantan Selatan untuk bidang Agama Sosial Budaya; Govvinda Yuli Effendi dari Sumatera Barat untuk bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan, dan Pariwisata; Teguh Fajar Santosa dari Jawa Tengah untuk bidang pangan; serta Intan Josefin Purba dari Sumatera Utara (Sumut) untuk bidang Inovasi Teknologi.

Selain hadiah uang tunai, para juara ini nantinya akan mendapatkan penghargaan dan apresiasi dari Pemerintah pada momen puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023. 

Intan merupakan anak muda yang selama ini melalui KELOLA telah melakukan budidaya maggot atau larva lalat tentara hitam (Black Soldier Flyer/BSF), yang menjadi salah satu solusi mengatasi persoalan tumpukan sampah limbah rumah tangga. Intan mengurai sampah tersebut menjadi pupuk organik, yang berlokasi di Jalan Matio Kelurahan Nagahuta Timur, Kecamatan Siantar Marimbun Kota Pematang Siantar

 

 

 

Editor.         :    Taman Haloho

Wartawan. :     Gofindo Turnip


Comment As:

Comment (0)